4 Alasan Mengapa Setiap Pebisnis Internet Perlu Memiliki Blog

Posted by Diposting oleh QUANTUM INFESTA On 13.40

Pertama-tama, yang saya maksud di sini adalah blog pribadi, bukan blog yang dibuat khusus untuk keperluan monetisasi. Contohnya, blog milik John Chow, Yaro Starak, Darren Rowse, dan Cosa Aranda (terakhirnya narsis, hihihi). Tidak seperti di luar, di Indonesia jarang ada orang yang serius menekuni bisnis internet sembari tetap mengurusi blog pribadinya dengan rutin. Apalagi kalau bisnis internetnya udah makin sukses, lupa deh ama blognya sendiri, hehehe. Atau ada juga yang sebaliknya. Rilis produk, bikin blog, tapi cuman sementara aja diurus. Setelah itu, paling-paling cuman dibuat promo produk atau referral aja. Ada yang ngerasa? :)
Seyogyanya, setiap pebisnis internet wajib memiliki blog. Yang terurus dan terawat tentunya. Alasannya?
Clip
Seperti terlihat pada bagan di atas, ada empat alasan mengapa sebaiknya setiap pebisnis internet memiliki sebuah blog. Yaitu:
  1. Brand
    Dengan blog, Anda bisa membuat orang mengenal dan mengetahui eksistensi Anda, baik dari nama Anda, slogan Anda, logo Anda, atau bahkan nama blog atau nama domain Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak nama blog atau nama domain yang mampu menjadi brand tersendiri dan mengangkat nama pemiliknya.
  2. Trust
    Dengan blog, Anda bisa meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap diri Anda (dan juga produk Anda). Mereka bisa mengetahui opini Anda, kegiatan Anda, dan yang terpenting, mereka jadi punya parameter untuk menilai diri Anda, apakah sekiranya ‘cocok’ dengan mereka atau tidak.
  3. Relationship
    Dengan blog, Anda bisa menjalin hubungan antara Anda dengan pengunjung yang bisa saja merupakan pelanggan atau calon pelanggan produk Anda. Dengan demikian, ada kedekatan antara Anda dan mereka. Meskipun mereka belum tentu membeli produk Anda, tapi ada kemungkinan bahwa mereka akan merekomendasikan produk Anda.
  4. Additional Income
    Yang ini saya rasa sudah cukup jelas. Meskipun bukan tujuan utama, namun tidak ada salahnya untuk mencari tambahan penghasilan dari blog pribadi yang kita miliki. Saya pun melakukannya b
Sudahkah Anda memiliki blog?



BY TI2