Pentingnya Branding Bagi Pebisnis Internet

Posted by Diposting oleh QUANTUM INFESTA On 13.13

Kecuali jika Anda memang tidak melakukan bisnis internet yang berhubungan langsung dengan orang lain — misal: paid to click (PTC), forex, paid review, dan sebagainya — maka branding adalah salah satu elemen yang harus Anda bangun di dunia internet. Selain merupakan ‘tanda pengenal’ bagi diri Anda, branding merupakan sarana yang efektif dalam membangun trust, elemen lain dalam dunia bisnis internet yang amat sangat dibutuhkan pada bidang-bidang bisnis internet tertentu. Seperti pernah saya sebutkan beberapa waktu lalu, tidak mungkinnya mengatur arus informasi membawa internet sebagai media yang rawan fitnah, baik disengaja maupun tidak. Tentu saja, wajar jika ada yang menyalahkan kita apabila kita memang berbuat tidak baik. Namun males banget dong kalau ada yang menyalahkan kita padahal kita sendiri sudah berusaha sebaik-baiknya. Dan pada saat-saat seperti itu, satu-satunya yang dapat menyelamatkan adalah trust yang telah kita bangun.
Fungsi utama dari branding dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
  1. Pembentukkan karakteristik

    Karakteristik adalah rangkaian ciri khas khusus yang miliki oleh pebisnis internet dan menjadi ‘petunjuk’ bagi orang dalam dalam mengenali seorang pebisnis internet. Pebisnis internet yang fokus adalah mereka yang karakteristiknya mampu dikenal dan diingat oleh orang lain.
  2. Menggambarkan visi
    Visi menunjukkan pandangan jangka panjang dari pebisnis internet yang bersangkutan terhadap bidang bisnis internet yang ia tekuni. Dengan mengetahui visi seseorang, kita bisa memutuskan untuk menjalin hubungan dengannya atau tidak.
  3. Membangun trust
    Trust adalah tingkat kepercayaan terhadap pebisnis internet yang bersangkutan. Tingginya tingkat kepercayaan terhadap seorang pebisnis internet membantu meningkatkan hubungan dengan orang lain serta memfilter berita-berita negatif yang berhubungan dengannya.
Cara yang paling mudah dalam membentuk branding adalah dengan aktif bersosialiasi dengan orang lain di dunia bisnis internet, baik melalui blog, forum, maupun jejaring sosial. Kuncinya di sini adalah konsistensi kita dalam melakukan sosialisasi serta konsistensi dari bagaimana cara kita bersosialiasi.
Saya sendiri sudah banyak merasakan manfaat dari brand n trust ini, terutama semenjak masuk ke  dalam bisnis ebook. Salah satunya adalah ketika ada seseorang yang menyebar gosip tidak benar di forum Kaskus. Tanpa perlu mengutus pasukan ISO2000 untuk ramai-ramai melempar bata, ternyata yang bersangkutan sudah dibantai lebih dulu oleh yang lain, hehehe.
Ngomong-ngomong, bagaimana dengan yang bisnisnya sama sekali tidak berhubungan dengan orang lain? Saran saya, jika memungkinkan, tetaplah coba untuk membangun branding Anda, karena roda bisnis internet dapat berputar dengan cepat tanpa dapat kita prediksi. Toh tidak ada ruginya bagi Anda, bukan?


BY TI2