Perkuat Branding Dengan Logo dan Slogan

Posted by Diposting oleh QUANTUM INFESTA On 13.37

Mari kita lanjutkan obrolan kita sebelumnya mengenai branding. Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, blog adalah salah satu media yang bisa kita gunakan dalam menciptakan branding terhadap diri kita. Namun jangan salah, branding sendiri tidak hanya dapat melekat secara personal kepada seorang pebisnis internet, melainkan juga kepada blog atau situs yang ia miliki. Dan mantapnya, apabila cerdas, kita bisa memanfaatkan berbagai situs atau blog yang kita miliki untuk membangun self-branding yang berbeda, namun semuanya saling mendukung branding utama yang ada pada diri kita.
Dua elemen pada situs atau blog yang dapat memperkuat ‘pencitraan’ — berhubung kemarin ada yang menanyakan bahasa Indonesianya ‘branding’, seharusnya sih ini yang cocok — adalah logo dan slogan. Tahu bedanya, kan? Halah, ya jelas lah. Yang satu berupa gambar, sedang yang satu lagi berupa teks atau kalimat.
Logo yang baik adalah yang apabila dilihat secara sekilas saja setidaknya sudah dapat menggambarkan ciri khas dari situs atau blog yang bersangkutan. Lebih bagus lagi apabila bisa sekaligus menyampaikan visi dan misi dari situs atau blog tersebut. Jika situs atau blognya sendiri lebih bersifat personal, maka logo menggambarkan kepribadian dari si pemilik situs atau blog. Sah-sah juga memiliki logo yang bernilai filosofis — asal masuk akal tentunya.
Untuk blog CosaAranda.Com ini misalnya, saya menggunakan logo yang berupa gambar karikatur saya dengan pakaian santai — kaos putih dan celana pendek jeans selutut. Maknanya ada dua:
  • Menunjukkan bahwa blog ini, meskipun membahas mengenai bisnis internet, namun isinya disampaikan dengan cara yang santai dan mudah diterima oleh pemula sekalipun *semoga demikian adanya*
  • Menunjukkan bahwa jika nanti Anda sukses dalam bisnis internet, Anda juga bisa seperti saya — berpakaian santai kemana-mana tapi duit terus mengalir, hehehe
Sebaliknya, di PanduanDasar.Com saya menggunakan logo yang lebih filosofis karena memang situsnya lebih ‘resmi’. Menggunakan gambar modifikasi yang dibilang mirip dengan logo Microsoft Office, filosofi logo PanduanDasar.Com dapat disimak lebih detil di sini.
Bahkan untuk situs Reviewmu yang tidak memiliki logo khusus, saya mencoba memperkuat branding dengan kombinasi warna tertentu pada gambar header dan gambar headernya itu sendiri. Maknanya? Silahkan ditebak sendiri deh :)
Nah, bagaimana dengan slogan?
Jika logo menggambarkan ciri khas atau karakteristik konten, maka slogan menyampaikan secara singkat isi dari blog atau situs yang bersangkutan. Slogan juga dapat digunakan untuk menyampaikan kelebihan dari situs atau blog yang kita miliki. Oleh karena itu, pemilihan slogan tidak boleh asal karena bisa menjadi bumerang bagi diri kita.
Dengan slogan “Belajar Bisnis Internet Untuk Pemula” yang diusung oleh blog ini misalnya, saya memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi, termasuk pemilihan topik materi, dengan cara tersendiri supaya benar-benar dapat diterima oleh pemula. Syukur-syukur jika ada yang sudah level master namun tetap rendah hati untuk berkunjung ke blog jelek ini :)
Di blog saya yang lain, saya mengusung slogan ‘daily gadgets news‘. Padahal, sudah berbulan-bulan blog tersebut tidak pernah di-updet. Jelas, ini adalah contoh yang tidak perlu ditiru, hehehe.
So, bagaimana dengan situs atau blog Anda? Sudah punya logo dan slogan yang mendukung?
VN:R_U [1.8.4_1055]



BY TI2